Daftar Dokter dan RS yang Pro-ASI

Berikut daftar dokter dan rumah sakit yang direkomendasikan berdasarkan pengalaman ibu2, tapi masalah biaya dan fasilitas silakan survey2 lagi ya, karena bisa berubah sewaktu2 :)

Jakarta:

- RS St. Carolus – Salemba, SpOG: Dr. Benny Putuhema

- RSB Asih – Panglima Polim, SpOG: Dr. Nurwansyah

SC, VIP, 5 hari, rawat gabung bayi di RSB Asih abisnya 20 jt…

- RS Pondok Indah

- Brawijaya Women and Children Hospital, SpOG: dr. Dewi Prabarini, DSA: dr. Attila Dewanti

- Kemang Medical Center

- RSAB Harapan Kita – Jl. S. Parman Slipi, SpOG: Dr. Hasnah Siregar (bagus tp galak)

- Puri Cinere Hospital

 

Depok:

- Klinik Bersalin Depok Jaya, murah banget,pelayanan memuaskan,dan dokternya juga dokter2 bagus(praktek di Hermirna juga),pro IMD dan ASIX

 

Tangerang:

- RSIA Lestari,

kamar isi 3org sktr 3jt(udh trmsk biaya lahiran,nginep 3hr&imunisasi awal).

lahir normal&sc bs IMD.

begitu lahir lgsg didatengin dokter anak&konselor laktasi utk ngasih pengarahan soal menyusui.

ada klinik laktasi dgn harga bersaing (70rb/dtg).

DSOGnya pro normal:dr.fitriani.Tp klo di jkt,,biaya per sekali dateng muahaaal,,sktr 130-150rb/dtg,itu pun tnpa usg,hee,jauh ya ama d bdg?saya aja kaget..

RS ini kecil,,tp pro asi bgt.Reccomended lah bwt yg tgl d daerah tangerang

Oia,,krn RSnya kecil,,jd kamar Gorg paling2 hanya keisi 3org,kdg bhkn bs sendirian,hehe..jd ttp berasa kelas 1 =p

 

Bandung:

- Apotek Revita – Cihampelas, Dr. Med. Tarmin Soetandi

- RSIA Hermina – Pasteur, SpOG: dr. Anna F (tapi penuuuhh pisan), DSA/laktasi: dr. Emilia

Hampir semua dsog di RSIA Hermina Pro IMD n ASIX.. aku jg kmrn sama dr Anna..hihih emang antriannya parah.. kata temen dr.tina dewi jg bgs..trus dr hanny rono jg (cowo), suka nyuruh baca quran selama hamil. Kalo sama dr. Anna lebih baik konsul di hari kerja, mis. Selasa (kosong).

- RS Borromeus (?)

- RSIB Santosa

asi udh jd protokol wajib, tp imd tgantung ibunya. Bayi bs rawat gabung, kl engga pun setiap bayi nangis lapar pasti ibunya dipanggil. Krn relatif baru, jd kondisi kamar dan kamar bersalin bagus bgt (iva malah smpt ntn hbo pas di ruang bersalin, lumayan mengalihkan perhatian, hehe). Plusnya lagi, krn bs askes dan asuransi2 lainnya, jd lumayan tuh harganya, hehe…

dokter kandungan, dokter anastesi, dan semua perawat yang lalu lalangnya kebetulan laki-laki semua.. dokter perempuan hanya dr. Indri Budiarti.

 

- dr. anita duet mautnya dokter anna F bagooos :) tegas, sigap, meyakinkan. (dulu dr.anna kejebak macet jadi diganti dr.anita deeh). menurut perbincangan bidan2 dan suster2 kalo dr.anna suka main gunting, kalo dr.anita lebih sabar, biar sobek sendiri aja, ga perlu digunting (dasar..suster2 teh ngagosip di depan pasien, jadi weh saya bocorin disini).

 

- RB harapan kita cijerah..sama dr.intan r.silitonga.spog.mkes…baik,sabar,n profesional bgt dokternya..wkt ngoprasi sy lg kurang sehat hehe…tp hasilnya alhamdulillah baik…

 

- operasi SC di RSAB.Monalisa Medical Center (MMC) – jl.moh ramdhan…dokter intan jg praktek disana…disana pelayanan bagus, dokternya bagus2,bidan jaganya ramah2 (ada rutinitas unik tiap pagi, siang, dan malam, bidan jaga yg pagi dtg pamit pulang, bareng2 sama bidan yg jaga siang memperkenalkan diri, jd kenal namanya satu2 gt..), tempat enak, ga ky RS, tp desainnya lebih mirip hotel dan harga jg lumayan enak…jauh lebih murah dr RSAB ternama d bdg…mungkin krn baru n masih sepi…sbnrnya proASI RSnya..bs rawat gabung..dan selama disana saya disemangatin terus sama bidan2 jaga utk ngelatih produksi n pemberian ASI, diajarin jg cara menyusui yg baik… Cuma ga IMD aja krn suster oknum, dibilang oknum krn kterangan suster tsb dibantah sama dokter yg management visit bsk paginya…heuheu…pokoknya dimanapun RSnya kyknya harus “cerewet” menyampaikan keinginan2 kt..

Oiya dokter intan jg pro normal dan pro ASI bgt..heuheu (td malem abis ditegur pas kontrol krn msh nyetok sufor)

DSA: dr.yulia SpA

 

- dulu saya dsog nya ma dr.sofie, tp karena antrinya lama,jadi sejak kandungan 5 bulan ke dr.ellise knoch di rs cahya kawaluyan, KBP.rumah sakitnya baru ada taun 2006,jadi belum bau obat n gak serem ;p taun 2007 bulan desember saya melahirkan(caesar akhirnya, cerita nya panjang dan bermasalah kandungan), tarifnya lumayan murah dibanding d RS yg di bandung.dulu cesar saya rawat inap 7hari, kamar sendiri,luas n bersih, toliet sendiri, dan rawat gabung ma bayi) sebesar rp.11jt,itu uda termasuk biaya operasinya+doketr+obat+dll.dokternya pro ASi, tapi ati2 suster pernah kecolongan ngasi sufor sama suami pas abis dimandiin, udah ditegur n dimarah suami akhirnya ga lagi2 dkasi sufor.

 

Cimahi:

- RSB Melong Asih – Cijerah, SpOG: dr. Fitri, DSA: dr.Riza Prihadi

paket normal kls 3: 1,5jt (3org)

paket normal kls1: 2,5jt (2org)

paket normal kls vip: 3,5 jt (1org)

 

- bidan Ibu Soeliyah, kebon kopi cibeureum. Senior, ramah, cerewet dan banyak ngasihtau macem2, neranginnya enak lah..

 

- rumah bersalin hidup berkah di cihanjuang sama bidan nur. pelayanan ramah dan menenangkan.bisa juga konsultasi 24jam via telp gratisss :) pro asi (supportnya luar biasa bwt ngasi asix),pro imd,pro jemur (bukan sinar,pas bayi kuning,liat kondisi jg tp) pro normal. plus punya metode akupuntur pas ngelahirin,jd kata yg ngelahirin disana g bgitu ‘heboh sakitnya’. tp krn kmrn bth didampingi dokter anak pas lahiran jd aja ngelahirin di hermina sama dr.yena,teman bidan nur ternyata.

 

- rsud cibabat juga pro asi, bidannya galak n tegas klo si ibu males2an ngasih asinya:)

 

Balikpapan

- RS Pertamina Balikpapan. Dr. Ida Pramayanti, SPOG. pro IMD pro ASI.

- dr Triseno di Balikpapan Husadha Hosp jg pro IMD lho,kmrn teteh sejaman lbh dibiarin aja,hehe,bs mpe sukses…Tp ya itu,DSOGnya cowok :(

2 thoughts on “Daftar Dokter dan RS yang Pro-ASI”

  1. Untuk spA di Hermina Pasteur, saya merekomendasikan dr. Yulia Wigoeno spA di poli umum, karena dia sangat detil memeriksa anak, mulai dari growth chart WHO yang manapun, ga perlu kita tagih untuk meriksain. Alat kelamin anak juga dicek (waktu umur bayi kecil), kita nanya macem2 juga cara menjawabnya enakeun, ga terkesan buru2 apalagi ngusir. Dengan biaya yang sama di tempat yg sama, saya pernah ganti dokter anak, eh jauh banget layanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>