Daftar Tempat Persalinan dan Dokter Kandungan yang pro-ASI

Jakarta: 

  • RS St. Carolus – Salemba, SpOG: Dr. Benny Putuhema
  • RSB Asih – Panglima Polim, SpOG: Dr. Nurwansyah. SC, VIP, 5 hari, rawat gabung bayi di RSB Asih abisnya 20 jt…
  • Brawijaya Women and Children Hospital, SpOG: dr. Dewi Prabarini, DSA: dr. Attila Dewanti
  • Kemang Medical Center
  • RSAB Harapan Kita – Jl. S. Parman Slipi, SpOG: Dr. Hasnah Siregar (bagus tp galak)
  • RS Asri jalan Duren 3,saya di dokter otamar,pro Normal,IMD dan ASI,pelayanannya di RS bagus,bidannya ramah2,makannanya enak,bisa room in,diajarin mandiin bayi dan menyusui.ada kelas senam hamilnya juga.kalo …biaya tergantung kamar yang kita ambil,biaya dokter dan tindakanpun tergantung kamar yang kita ambil.kemarin lahiran normal + vacuum,nginep 4 malam di kamar yang 1 bed,totalnya 17jt. kalo biaya check rutin + USG sekitar 250rb per kedatangan.

 

Depok:

  • Klinik Bersalin Depok Jaya, murah banget,pelayanan memuaskan,dan dokternya juga dokter2 bagus(praktek di Hermirna juga),pro IMD dan ASIX
  • RS B Bunda margonda depok teh.RS nya pro imd,pro ASIX, dan room in kok.tp bhub wktu itu saya SC dan gawat janin hingga hrs masuk ruang NICU imdnya ga langsung pas abis operasi..tp nunggu saya dah ilang efek obt biusnya heu…tp aslinya mereka sgt pro imd dan asix.buktinya baby meski di ruang NICU ttp dikasi ASIP aja…ga pake sufor.pompaanya dipinjemin lg krn sy kan blm bs memerah sndiri…suster ama dokternya baik dan ramah.gda yg galak…pengalaman sy.pelayanan oke.makanannya enak2 xixixi… Oiya pas hamil sy konsulnya ama dr.topan widya utami di RS bunda margonda..ramah bgt tp antrian klo mo konsul lamaaaa bgt.bs 2jam an kecuali qt dtg 2 jam sblm jdwl dia praktek…ntar pasti dpt no urut yg awal.tp honestly dokternya sih enak..penjelasan jg detail tp ya ga nahan antrinya tea..pas lahiran saya ama dr.sintha krn dr.topan cuti ke LN.skrg jdnya konsul after birthingnya ama dr.sintha deh.orgnya tegas bgt..penjelasan secukupnya..kudu proaktif nanya klo qt ga jelas.tp baek kok…oya jdwal prakteknya hmpir tiap hr pagi ampe siang…klo dr.topan adanya cuma rabu ama jumat itupun malem.
  • Puri Cinere Hospital, dg dr.dewi prabarini.

 

Tangerang:

  • RSIA Lestari, kamar isi 3org sktr 3jt(udh trmsk biaya lahiran,nginep 3hr&imunisasi awal). lahir normal&sc bs IMD. begitu lahir lgsg didatengin dokter anak&konselor laktasi utk ngasih pengarahan soal menyusui. ada klinik laktasi dgn harga bersaing (70rb/dtg). DSOGnya pro normal:dr.fitriani.Tp klo di jkt,,biaya per sekali dateng muahaaal,,sktr 130-150rb/dtg,itu pun tnpa usg,hee,jauh ya ama d bdg?saya aja kaget.. RS ini kecil,,tp pro asi bgt.Reccomended lah bwt yg tgl d daerah tangerang. Oia,,krn RSnya kecil,,jd kamar Gorg paling2 hanya keisi 3org,kdg bhkn bs sendirian,hehe..jd ttp berasa kelas 1 =p

 

Bandung:

  • RSIA Limijati (seberangnya Riau Junction), dr. Rina Eka Puspitasari, SpOG (praktek juga di Hermina Arcamanik); dr. Liliana, Sp.OG; Bidan Tini, Suster Martha.
  • Apotek Revita – Cihampelas, Dr. Med. Tarmin Soetandi
  • RSIA Hermina – Pasteur, SpOG: dr. Anna F (tapi penuuuhh pisan), DSA/laktasi: dr. Emilia. Hampir semua dsog di RSIA Hermina Pro IMD n ASIX.. aku jg kmrn sama dr Anna..hihih emang antriannya parah.. kata temen dr.tina dewi jg bgs..trus dr hanny rono jg (cowo), suka nyuruh baca quran selama hamil. Kalo sama dr. Anna lebih baik konsul di hari kerja, mis. Selasa (kosong). dr. anita duet mautnya dokter anna F bagooos :) tegas, sigap, meyakinkan. (dulu dr.anna kejebak macet jadi diganti dr.anita deeh). menurut perbincangan bidan2 dan suster2 kalo dr.anna suka main gunting, kalo dr.anita lebih sabar, biar sobek sendiri aja, ga perlu digunting (dasar..suster2 teh ngagosip di depan pasien, jadi weh saya bocorin disini).
  • RS Borromeus. saya periksa rutin sama lahiran di borromeus sama, waktu itu sama dr. maximus mudjur. kalau kata saya sih pelayanannya bagus, pas mw lahiran, pinggang saya dielus2 terus sama bidannya biar ga terlalu kerasa sakit dan sayanya juga bisa relax. pro-asix, kalo normal si tergantung ibunya mw gimana. soal biaya, saya ga tau itungan murah sama mahalnya. tiap periksa, konsultasi dokter + usg (dapet print hasil usg juga) 105rb. pas lahiran, rawat 3 hari, ruangan VIP, bayi di ruang bayi, cuman dibawa ke kamar ibu di jam2 tertentu (bisa minta bayi ditaro di ruangan ibu) abis 10jt. pakaian bayi (baju,popok,bedong, dll) dari rumah sakit. kalo ga salah inget, kalo untuk lahiran normal, rentang biaya 5-15 juta, tergantung kelas perawatan, rawatnya 3 hari, kalo SC, 2x lipat normal, rawatnya 4-5 hari.
  • RSIB Santosa. asi udh jd protokol wajib, tp imd tgantung ibunya. Bayi bs rawat gabung, kl engga pun setiap bayi nangis lapar pasti ibunya dipanggil. Krn relatif baru, jd kondisi kamar dan kamar bersalin bagus bgt (iva malah smpt ntn hbo pas di ruang bersalin, lumayan mengalihkan perhatian, hehe). Plusnya lagi, krn bs askes dan asuransi2 lainnya, jd lumayan tuh harganya, hehe… dokter kandungan, dokter anastesi, dan semua perawat yang lalu lalangnya kebetulan laki-laki semua.. dokter perempuan hanya dr. Indri Budiarti.
  • RB harapan kita cijerah..sama dr.intan r.silitonga.spog.mkes…baik,sabar,n profesional bgt dokternya..wkt ngoprasi sy lg kurang sehat hehe…tp hasilnya alhamdulillah baik…
  • RSAB.Monalisa Medical Center (MMC) – jl.moh ramdhan. operasi SC di sana dengan dokter intan…disana pelayanan bagus, dokternya bagus2,bidan jaganya ramah2 (ada rutinitas unik tiap pagi, siang, dan malam, bidan jaga yg pagi dtg pamit pulang, bareng2 sama bidan yg jaga siang memperkenalkan diri, jd kenal namanya satu2 gt..), tempat enak, ga ky RS, tp desainnya lebih mirip hotel dan harga jg lumayan enak…jauh lebih murah dr RSAB ternama d bdg…mungkin krn baru n masih sepi…sbnrnya proASI RSnya..bs rawat gabung..dan selama disana saya disemangatin terus sama bidan2 jaga utk ngelatih produksi n pemberian ASI, diajarin jg cara menyusui yg baik… Cuma ga IMD aja krn suster oknum, dibilang oknum krn kterangan suster tsb dibantah sama dokter yg management visit bsk paginya…heuheu…pokoknya dimanapun RSnya kyknya harus “cerewet” menyampaikan keinginan2 kt.. Oiya dokter intan jg pro normal dan pro ASI bgt..heuheu (td malem abis ditegur pas kontrol krn msh nyetok sufor). DSA: dr.yulia SpA
  • dulu saya dsog nya ma dr.sofie, tp karena antrinya lama,jadi sejak kandungan 5 bulan ke dr.ellise knoch di rs cahya kawaluyan, KBP.rumah sakitnya baru ada taun 2006,jadi belum bau obat n gak serem ;p taun 2007 bulan desember saya melahirkan(caesar akhirnya, cerita nya panjang dan bermasalah kandungan), tarifnya lumayan murah dibanding d RS yg di bandung.dulu cesar saya rawat inap 7hari, kamar sendiri,luas n bersih, toliet sendiri, dan rawat gabung ma bayi) sebesar rp.11jt,itu uda termasuk biaya operasinya+doketr+obat+dll.dokternya pro ASi, tapi ati2 suster pernah kecolongan ngasi sufor sama suami pas abis dimandiin, udah ditegur n dimarah suami akhirnya ga lagi2 dkasi sufor.

 

Cimahi:

  • RSB Melong Asih – Cijerah, SpOG: dr. Fitri, DSA: dr.Riza Prihadi. paket normal kls 3: 1,5jt (3org), paket normal kls1: 2,5jt (2org), paket normal kls vip: 3,5 jt (1org)
  • bidan Ibu Soeliyah, kebon kopi cibeureum. Senior, ramah, cerewet dan banyak ngasihtau macem2, neranginnya enak lah..
  • rumah bersalin hidup berkah di cihanjuang sama bidan nur. pelayanan ramah dan menenangkan.bisa juga konsultasi 24jam via telp gratisss :) pro asi (supportnya luar biasa bwt ngasi asix),pro imd,pro jemur (bukan sinar,pas bayi kuning,liat kondisi jg tp) pro normal. plus punya metode akupuntur pas ngelahirin,jd kata yg ngelahirin disana g bgitu ‘heboh sakitnya’. tp krn kmrn bth didampingi dokter anak pas lahiran jd aja ngelahirin di hermina sama dr.yena,teman bidan nur ternyata.
  • rsud cibabat juga pro asi, bidannya galak n tegas klo si ibu males2an ngasih asinya:)

 

Balikpapan

  • RS Pertamina Balikpapan. Dr. Ida Pramayanti, SPOG. pro IMD pro ASI.
  • dr Triseno di Balikpapan Husadha Hosp jg pro IMD lho,kmrn teteh sejaman lbh dibiarin aja,hehe,bs mpe sukses…Tp ya itu,DSOGnya cowok:(

 

Solo

  • RS PKU, boleh rawat gabung, imd juga ditawarin, jd gak wajib tp tergantung ibunya..

5 thoughts on “Daftar Tempat Persalinan dan Dokter Kandungan yang pro-ASI”

  1. Hai. mau share aja, aku lahiran di RS Puri Indah di Puri Kembangan, Jakarta Barat. Menurutku di situ juga pro ASI. Aku dapet IMD hampir 2 jam (mungkin karena bidannya harus ngurusin satu ibu lain yang lahiran tepat setelah aku jadi aku bisa dapet IMD agak lama :D).

    Bisa rooming in sama bayi dan bayi cuma ke kamar bayi pagi jam 5.30 sampai sekitar jam 8.30 untuk mandi dan dijemur, selebihnya di kamar rawat bareng ibunya (aku ambil kelas 3 dengan total biaya lahiran normal sekitar 8jt).

    Waktu malam pertama aku kecapean banget dan akhirnya minta supaya bayiku ditaro di kamar bayi dulu supaya aku bisa istirahat. Dibolehin sama susternya tapi 3 jam kemudian susternya dateng lagi ke kamar rawat karena anakku nangis, minta nyusu.

    Malam kedua sekitar jam 2-an aku minta lagi untuk ditaro di kamar bayi karena anakku nangis terus kalo ditaro di tempat tidurnya dan aku super ngantuk. tapi sama susternya nggak boleh… hihihi… katanya “ibu kalo ASI eksklusif anaknya harus sekamar sama ibu. Jadi kalo dia minta nyusu kapan aja bisa langsung disusuin.” ya sudah aku berjuang lagi nahan ngantuk… :D

    mereka sih bilangnya ga akan kasih sufor tanpa persetujuan tertulis dari ortunya bayi.

  2. Hai… rira boleh minta info yg di wilayah bekasi ga tuk tempat persalinan dan dokter kandungan yg pro ASI? thx be4..

    1. Maaf lama ya, baru dapat info, untuk bekasi ada di RS Haji Pdk Gede, dr Bambang, beliau udah profesor dan jadi koordinator dsog di RS itu. Ada lagi dr Murni di RSIA Anna. Semoga membantu.

    2. RS Hermina Bekasi mom, sama dsog. Yuditya Purwosunu, dokternya baik dan enak diajak diskusi, klo USG juga detail bgt… Kemarin lahiran sama beliau tetep diusahakan normal walaupun ketuban udah rembes, langsung IMD juga selama 1,5 jam sama baby =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>