Tag Archives: resep mpasi

Resep MPASI ala ITB Motherhood

(1) Biskuit Labu Aida

biskuit rasa labu kuning, bahannya sederhana : tepung, kuning telur, labu kuning yg udah direbus. semua bahan dicampur sampe kalis terus dibentuk2 sesuai kesukaan, terus panggang dalam oven. teksturnya emang aga keras tapi anakku doyan jg krn dia lg mau tumbuh gigi.

*catatan: resep biskuit kyknya akan lebih renyah klo pake hav…ermut or oat

 

(2) Bolu Kukus Pisang Aida

bahannya: terigu kira2 100 gr, kuning telur 2, baking powder, pisang. krn saya ga punya mixer saya blender aja kuning telur dan pisang kasi air sedikit sampai berbusa dan adonan tinggi, terus masukan sedikit demi sedikit tepungnya hingga adonannya pas. terus di kukus 15menit dalam wajan tahan panas yg dilapisi almuniium foil yg udah di olesi olive oil (zaitun) biar ga lengket. bisa juga pake margarin yg unsalted klo ada mah.

*catatan: biar kuenya ga terlalu keras beli tepung yg khusus buat roti gitu or kue, hehe aku gtau di indo merk apa ya? aku disini kebiasaan beli tepung teh beda2, ada yg khusus buat roti, kue, pancake,, mie dkk. katanya yg berpengaruhnya persentase proteinnya.

 

(3) Puding Roti Pisang Amanda

pisang, roti, sufor/asip, kuning telur… smua bahan tinggal dibejek2 pake garpu/diblender kalo mau tekstur lebih halus, trus masukin oven ,microwave ato dikukus jg bisa…

 

(4) Havermuth Madu Miranti

tepung g*sol plus havermut, masak sambil diaduk sampai diperoleh kekentalan yang diinginkan..lalu cmpur madu deh..

*catatan: hati2 penggunaan madu sebelum satu tahun ya bunda, setauku madu belum aman untuk baby dibawah 1 tahun. udah banyak ko referensinya..tapi klo udah 1 thn penting banget emang madu buat batita. pernah dengar juga memberi madu rutin setiap jam 3-5 pagi mengurangi resiko kena paru2 bagi anak kita juga menguatkan imunitas

 

(5) Puding Sayur Ashri

Bahan: age,r caisin, n terung (sayur/buah apapun bebas) agernya dikit. kalo dah jadi parut/potong2 kalo dah jago. maemnya biasanya sama saos mangga…

 

(6) Tofu Warna Warni Ashri

Tofu ancurin, sayur+daging apa juga bebas, kukus ancurin, boleh pk bawang/daun, udek2 semuanya satuin sama telur (kalo blm 1y pake kuningnya), taru di wadah kukus… nanti dimakannya pake saos kunyit….

saos kunyit : air kunyit rebusan, sisihkan. oseng unsalted butter pk bawang, +in daging (lagi biar gendut) masukin pelan2 air rebusan kunyit, kentelin dikit pk air mayzena+daun jeruk/salam…. siramkan kuah ke tofu kukus itu tadi :D

 

(7) Mosaka Aida

kentang kukus, macaroni, kaldu yg udah aku bawangin saat rebus ayamnya dan ayam suir, dicampur2.

 

(8) scramble egg

siapkan minyak zaitun (olive oil) lalu masukan 1 sdm ke dlm wajan masukan kuning telur di orak arik dengan bawang putih cincang kemudian campur dengan brokoli, klo baby diatas 1 thn bisa tambah 3 sendok susu UHT klo saya pake air saja 3 sdm. bisa buat campuran bubur kaldu. rasanya wangi menambah selera makan anak kita.

 

(9) pisang brokoli

Cemilan kegemaran anakku, kukus brokoli hingga empuk makannya campur pisang yg udah diris2, bisa diganti buahnya dengan dengan apel, saus jeruk, pear apa aja, penting banget buat ngakalin anak yg ga doyan paitnya sayur hijau.

 

(10) Cookies Wyke

Bahan: 200gr oatmeal, 2 pisang sunprise, 2 kuning telur, 2 sdm butter.

Cara membuat: kuning telur dan unsalted butter yang sudah dicairkan dikocok sampai agak mengembang… lalu masukkan oatmeal yang sudah dihaluskan dan pisang yang sudah dilumatkan, diaduk sampai kalis… kemudian bentuk sesuai selera dan panggang.

 

(11) Nasi gulung abon Asty

Nasi panas2 dibentuk bulat2 kecil, lalu digelindingkan di atas abon (atau keju)

 

(12)  Sup kentang Rd. Mutia

Bahan: 250 gr kentang, kupas, potong2 25 gr daging giling, tumis

Bw bombay cincang 2 sdm

Air atau kaldu +/- 600ml

Cara membuat :

Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan kentang dan air, aduk. Masak hingga kentang lunak, angkat.

Tuang kentang rebus beserta air perebusnya dalam blender, lalu blender hingga lembut. Tuang kembali k panci, masak hingga mendidih. Tuang sup dalam mangkuk, taburi daging giling dan peterseli cincang

 

(13) Sup tomat Rd. Mutia

Bahan: 300 mg tomat, belah

Air atau kaldu 300 ml

Bw bombay cincang 2 sdm

Bw putih 1 siung

Cara membuat :

Rebus tomat dan 150ml air hingga kulitnya mengelupas. Angkat, blender.

Tumis bw bombay dan bw putih hingga harum, masukkan blenderan tomat tadi, masak hingga mendidih.

Sup tomat ini bisa dijadiin toping utk makaroni rebus. Tambahin keju juga bakal enaaak…

 

(14) Ikan patin Rd. Mutia

ikannya dikasih jeruk nipis dulu lalu dibilas. Trs disusun diatas dandang kukus,kasih irisan bawang putih,jahe,sejumput kunyit bubuk. Ditambahin kemangi juga enak tuuh. Udah deh tinggal dikukus. Muti suka ditambahin tahu juga biar proteinnya komplit hehe…

 

(15) Nugget salmon Miranti

A. Blender semua bahan sbb :

100 gr salmon

100 gr fillet ayam

…2 lembar roti tawar yg udh direndam air. roti tawarnya jgn lupa peras dulu yaa sebelum dimasukkan blender

2 butir telur ayam

3 siung bawang putih

setengah bawang bombay

Lada secukupnya

Opsional : setengah tangkai brokoli atau setengah buah wortel.

 

B. Teruss kukus kira2 10-15 menit

C. Potong2 sesuai selera

D. Gulingkan dalam kocokan telur, lalu gulingkan merata pada tepung roti

E. Goreng deehhh..nyammmm…:)

Ato taro freezer hehehehe